Penulis : Giovan Cipta Wijaya (@giovanciptawijaya)

Jakarta,21 Januari 2019. Terdapat 3 kandidat yang dipilih oleh IBL Pertamax untuk mendapatkan penghargaan Foreign Player of The Year IBL Pertamax 2018/2019 yaitu , Madarious Gibbs dari Satya Wacana Salatiga, Dashaun Wiggins dari NSH Jakarta, dan David Atkinson dari BPD DIY Bima Perkasa Jogjakarta.

Inilah statistik dari ketiga pemain tersebut pada musim ini :

MPG : Minutes Play Per Game      PPG : Points Per Game    RPG : Rebounds Per Game                         APG : Assist Per Games FG% : Field Goal Percentage    FGAPG : Field Goal Attempted Per Game

IBL Season 2018/2019

MPGPPGRPGAPGFG%FGAPG

Madarious Gibbs

38.2229.677.117.3942%23.9
Dashaun Wiggins31.75237.17541%

18.1

David Atkinson36.7628.619.171.3341%

24.5

sumber foto : Akurat.co

Dari Segi Statistik, Madarious Gibbs lah yang memimpin dalam semua aspek. Madarious Gibbs selalu tampil dominan dalam setiap laga yang ia mainkan bersama Satya Wacana Salatiga. Pada musim ini pun ia pun menghasilkan statistik yang luar biasa dan berhasil meraih Career Highnya di IBL Indonesia dengan meraih 53 points , 10 rebounds , 8 assists melawan pelita jaya pada tanggal 9 december 2018. Tetapi Madarious Gibbs memiliki halangan yang berat untuk mendapatkan penghargaan ini yaitu timnya , Satya Wacana Salatiga berada pada posisi terakhir didalam klasemen divisi putih dan memiliki perolehan kemenangan paling rendah dari seluruh tim lainnya yaitu 4 kemenangan dari 18 pertandingan, karena kemenangan tim juga memiliki peran yang penting dalam mendapatkan penghargaan Foreign Player of The Year pada musim ini.

Sumber Foto : sport.detik.com

Dashaun Wiggins memiliki peluang yang cukup besar karena berhasil membawa NSH Jakarta yang musim lalu memiliki stat yang sangat buruk menjadi tim yang berada pada posisi puncak didalam klasemen divisi merah. NSH Jakarta pun mengalahkan posisi Satria Muda sebanyak 2 tingkat dan hal ini akan sangat membantu Dashaun Wiggins dalam mendapatkan penghargaan Foreign Player of The Year. Statistik points yang dimiliki oleh Dashaun Wiggins tidak sebanyak  2 kandidat yang lainnya dengan 23 PPG , tetapi ia memiliki percobaan yang paling sedikit dari 2 kandidat yang lain dengan 18.1 FGAPG. apabila NSH Jakarta pada musim ini bisa mencapai Playoffs Final nanti , Dashaun Wiggins akan memiliki peluang yang lebih besar lagi.

Sumber Foto : Ligaolahraga.com

David Atkinson merupakan pemain yang hampir bisa melakukan semuanya, dari post play, tembakan medium dan 3-pointnya, dan drivenya yang susah dihadang karena postur tubuhnya yang besar. David Atkinson selalu mendominasi dalam tiap gamenya dengan menghasilkan 28.61 PPG dan hanya dalam 2 game pertamanya ia berhasil meraih Career highnya yaitu 43 points. kemenangan timnya yaitu Bima Perkasa Jogjakarta yang berada pada posisi ke-2 dalam klasemen divisi merah dengan perolehan 11 kemenangan dan 7 kekalahan akan menambah peluangnya untuk mendapatkan penghargaan Foreign Player of The Year. Apabila Bima Perkasa dapat masuk kedalam Playoffs Finals nanti, dapat dipastikan bahwa David Atkinson lah yang akan mendapatkan penghargaan ini.

Menurut pengamatan kami, walaupun Madarious Gibbs memiliki Statistik yang paling bagus dari kedua kandidat yang lain, tapi ia memiliki peluang yang cukup kecil untuk mendapatkan penghargaan ini karena timnya yaitu Satya Wacana Salatiga memiliki prestasi yang paling buruk dari tim lainnya sedangkan kedua kandidat yang lain berhasil membawa timnya memasuki Playoffs. Jadi yang  memiliki peluang cukup besar adalah Dashaun Wiggins dan David Atkinson untuk mendapatkan penghargaan ini, tinggal menunggu apakah mereka bisa memasuki Finals nanti ataukah akan kalah pada game pertama. tuliskan komentar kalian pada kolom komentar dibawah!

Sumber : Motion Sport Indonesia ,IBL