Penulis : Giovan Cipta Wijaya (@giovanciptawijaya)

Jakarta, 22 februari 2019. 3 kandidat yang dipilih oleh IBL Indonesia untuk mendapatkan penghargaan Sixthman of The Year IBL Pertamax 2018/2019 adalah Abraham Damar dari Stapac Jakarta, Arki Wisnu dari Satria Muda Pertamina, Hans Abraham dari Prawira Bandung.

Inilah Statistik dari ketiga pemain tersebut dalam musim ini :

MPG : Minutes Play Per Game      PPG : Points Per Game    RPG : Rebounds Per Game                         APG : Assist Per Games FG% : Field Goal Percentage    FGAPG : Field Goal Attempted Per Game

IBL Season 2018/2019

MPGPPGRPGAPGFG%

FGAPG

Abraham Damar

20.569.382.693.3136%

8.5

Arki Wisnu

21.606.883.443.1935%

6.5

Hans Abraham

22.618.831.722.1739%

7.8

Sumber Foto : Mainbasket.com

Dari ketiga kandidat diatas, yang memiliki peluang untuk mendapatkan penghargaan Sixthman of The Year IBL Pertamax 2018/2019 adalah Abraham Damar dari Stapac Jakarta karena dapat dilihat dari statistiknya yang memimpin dari segi point dan assist dari kandidat yang lain. Abraham Damar juga menjadi kunci penting bagi kesuksesan Stapac Jakarta pada Musim ini dengan tembakan 3 pointnya yang begitu tajam, saat pertandingannya melawan Pelita Jaya ia berhasil memasukan 6 tembakan 3 pointnnya dengan akurasi 100% yang artinya ia berhasil memasukan semua tembakan 3-pointnya. Kesuksesan Stapac Jakarta dengan perolehan 17 kemenangan dan hanya 1 kali kekalahan akan membuat peluang Abraham Damar lebih besar lagi untuk mendapatkan penghargaan ini.

Sumber Foto : daftaratletindonesia.web.id

Arki Wisnu memiliki point rata – rata yang paling sedikit dari yang lain dengan 6.88 PPG tetapi ia juga melakukan percobaan paling sedikit dari yang lain. Jika diliat dari Statistik, Arki Wisnu menang dalam rata – rata pengumpulan rebound dan percobaan point paling sedikit dari yang lain. Posisi dari Satria Muda Pertamina saat ini juga kurang membantu Arki Wisnu dalam mendapatkan penghargaan ini dengan perolehan 9 kemenangan dan 9 kekalahan dan berada pada posisi ke-3 didalam klasemen divisi merah. Sepertinya Arki Wisnu memiliki kesempatan yang cukup rendah untuk memenangi penghargaan ini.

Sumber Foto : Picomico.com

Hans Abraham bermain sebagai starter dalam 11 pertandigan dari 18 pertandingan yang dimainkannya, tapi ia tetap masuk dalam nominasi Sixthman of The Year IBL Pertamax 2018/2019. Hans Abraham menjadi shooter yang sangat tajam bagi Prawira Bandung dengan akurasi tembakan diluar garis 3 pointnya 39% dan memiliki Field Goal Percentage paling tinggi dari kedua kandidat lainnya. Tetapi kemenagan tim juga berpengaruh dalam penghargaan ini, Prawira bandung tidak memasuki Playoffs dan Prawira bandung memiliki perolehan kemenangan paling sedikit dari tim kedua kandidat yang lainnya sebanyak 8 kemenangan dan 10 kekalahan. Sepertinya Abraham Hans memiliki kesempatan yang paling kecil dari kedua kandidat lainnya dalam mendapatkan penghargaan ini. Bagaimana pendapat kalian? tuliskan komentar kalian dibawah pada kolom komentar yang tertera!

Sumber : Motion Sport Indonesia , IBL