Penulis : Raymond Chandra (@raymondtjan)

Jakarta, 27 Februari 2019. Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang ini sudah tidak dipungkiri lagi bahwa banyaknya macam-macam olahraga yang ada merupakan salah satu tips menjaga kesehatan tubuh saat ini, dari anak kecil bahkan sampai orang yang sudah dewasa pasti akan melakukan olahraga. Salah satu olahraga yang paling banyak diminati dan digemari saat ini ialah olahraga bola basket.

Bola basket adalah salah satu olahraga yang paling digemari oleh penduduk Amerika Serikat dan penduduk di belahan bumi lainnya, antara lain di Amerika Selatan, Eropa Selatan, Lithuania, dan juga di Indonesia. Banyak kompetisi bola basket yang diselenggarakan setiap tahun, seperti British Basketball League (BBL) di Inggris, National Basketball Association (NBA) di Amerika, dan Indonesia Basketball League (IBL) di Indonesia. Bola basket menjadi olah raga yang digemari karena selain bisa membantu kesehatan tubuh, olahraga basket juga menjadi daya tarik para pria yang merasa akan mampu memiliki pesona yang lebih baik jika bermain basket.

Ada beberapa teknik dalam bermain bola basket:

Fade Away

Fade away adalah teknik yang mendorong badan ke belakang saat melakukan shoot, sehingga menyulitkan defender untuk menghadang bola. teknik ini sedikit sulit dilakukan bagi pemula. Bila keseimbangan badan tidak terjaga bisa-bisa terpelanting dan jatuh kebelakang. Pemain NBA yang sering memakai teknik ini adalah sang legenda basket seperti Michael Jordan dan Kobe Bryant.

Hook Shoot

Hook adalah teknik yang sangat efektif bila pemain dijaga oleh orang yang lebih tinggi dari pemain. Yaitu cara menembak dari samping dengan satu tangan. Jadi jarak antara orang yang menghadang dan pemain bisa agak jauh.

Jump Shoot

Teknik yang butuh lompatan tinggi, dan akurasi tembakan yang bagus. Yaitu dengan melompat dan melakukan tembakan yang liar dan sulit untuk digagalkan

Crossover

cara dribble dengan cara memantulkan bola dari tangan kiri ke tangan kanan atau sebaliknya. biasanya teknik sudah banyak di improvisasi dengan cara memantulkan bola di antara celah kaki (kebanyakan pemain profesional sudah menggunakan teknik ini) atau belakang kaki.

Slam Dunk

salah satu teknik yang paling populer. Sebenarnya cukup simpel, yaitu hanya memasukkan bola secara langsung ke ring dan menghempaskan tangan ke ring basket. Walaupun simpel, tapi untuk orang dengan tinggi 171 cm slam seperti ini hampir mustahil untuk dilakukan karena lompatannya tidak cukup tinggi.

Sumber : Motion Sport Indonesia, Wikipedia