Penulis : Giovan Cipta Wijaya (@giovanciptawijaya)

Jakarta,27 februari 2019. Pada 26 februari 2019, Timnas Indonesia U-22 menjadi juara pada piala AFF u-22 2019 dengan mengalahkan Timnas U-22 Thailand dengan skor 2-1 yang berlaga di National Olympic Stadium, Phnompenh, Kamboja. Coach Indra Sjafri sudah membawakan Timnas Indonesia menjadi juara pada Piala AFF u-19 sebelumnya dan dengan kemenangan ini Coach Indra membuat sejarahnya dengan membawa Timnas Indonesia untuk menjadi Juara pada kedua kalinya. Sebelumnya Piala AFF U-22 ini bernama Piala AFF U-23 danĀ  dimenangkan oleh Thailand dengan mengalahkan Singapore dengan skor 3-0 pada tahun 2005 dan sejak 2006 sampai 2018,kompetisi ini tidak pernah diadakan.

Pada babak pertama, Kedua tim bermain imbang dan tidak adanya gol yang terjadi dan berakhir seimbang dengan skor 0 – 0. Lalu pada babak kedua, Indonesia dibuat tegang dengan gol pertama yang diciptakan oleh Saringkan Promsupa pada menit ke-57 dengan memanfaatkan tendangan bebas dari rekan timnya lalu disundul keras olehnya yang berakhir menjebol gawang yang dijaga Awan Setho. Tapi tak berselang 2 menit, Sani Rizki menendang bola dengan keras dan berhasil membuahkan gol pertama bagi Timnas U-22 indonesia. Tak sampai 10 menit , Timnas U-22 Indonesia kembali mencetak gol dari sundulan keras oleh Osvaldo Haay yang menjadi penentu kemenangan Indonesia sampai akhir pertandingan berakhir.

Dalam Piala AFF ini, Timnas U-22 tidak pernah kalah sekalipun dari Fase grup yang berhasil memenangi 1 pertandingan dan 2 pertandingan berakhir seri, lalu menang melawan Vietnam di Semi-final, dan menang melawan Thailand di Final. Marinus Manewar dari Timnas U-22 Indonesia menjadi 1 dari 3 top skorer lainnya dengan perolehan 3 gol dan kedua top skorer lainnya adalah Saringkan Promsupa dari Timnas U-22 Thailand dan Tran Danh Trung dari Timnas U-22 Vietnam.

SumberĀ  : Motion Sport Indonesia