Penulis: Irfan (@irfangforce)

Jakarta, 13 Juni 2020. Rayhan Alfaro Ferdinand adalah pemain asal SMA Al-Izhar yang memiliki segudang prestasi dalam basket maupun kegiatan di luar basket. Salah satu prestasi di basket nya adalah terpilih untuk mengikuti DBL Camp yang merupakan seleksi pemain dari Sabang-Merauke untuk dapat berlatih di Amerika, prestasi selain basket adalah Alfaro menjadi bagian dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibakra) Nasional di Istana negara. Didukung dengan postur badan yang ideal dengan tinggi 180 Cm menjadikan pemain yang baru saja naik ke kelas SMA 3 itu sebagai ujung tombak dari SMA Al-Izhar. Kami berksempatan untuk mewawancarai Alfaro tentang cerita bisa terpilih menjadi paskibraka nasional sampai kriteria pasangannya. Berikut wawancara kami :

Halo Faro apa kabar ?

Alhamdulillah baik banget nih haha.

Alfaro kan sekarang sudah SMA 3, apasih target kedepannya ? dan akan kuliah dimana nantinya.

Target sih pengen lanjut ke akademi kepolisian atau mau ambil business management di Inggris jadi belum tentu menseriuskan basket.

Kira-kira apasih faktor yang bikin Faro tidak masuk DBL All-star ?

kalo untuk faktor sih paling faktor pengalaman kalah nya kak dan persiapan juga karena pada DBL 2019 aku juga lagi mengikuti paskibraka jadi fokusnya terbagi.

Alfaro juga menjadi paskibraka nasional, apasih dampak positif dan negatifnya di kehidupan basket Faro ?

Dampak positifnya jadi lebih disiplin, terutama waktu dan jadi punya banyak teman-teman dari berbagai daerah yang beragam juga sih kak, kalo negatifnya rutinitas basket sehari-hari jadi keganggu bahkan bisa terhenti dan mempengaruhi skill, stamina juga kalau abis latihan paskibraka terus langsung main basket.

Banyak kegiatan seperti menjadi paskibraka nasional di tahun 2019 dan mengikuti kompetisi DBL, bikin faro ketinggalan pelajaran dan bikin nilai jatuh gak ?

Kalau itu sih engga kak alhamdulillah, sekolah juga masih memberikan pelajaran tambahan khusus kalau saya ketinggalan karena mengikuti kegiatan-kegiatan di luar sekolah.

Apasih cita-citanya Alfaro sebenernya ?

Pengennya sih bisa membangun Indonesia yang sekarang negara berkembang menjadi negara maju sih kak, cita-cita aku yang paling besar sih itu.

Ceritain dong bagaimana bisa terpilih jadi paskibraka nasional ?

Awalnya di ajak Papa untuk ikut seleksi terus saya sempat menolak karena waktu itu lagi fokus basket dan bisa bikin menyita waktu basket yang banyak. Waktu ikut seleksi awalnya gak berharap banyak cuma bisa berharap bisa sering main basket, alhamdulillah lolos sampai tingkat nasional.

Siapa pemain basket favoritnya Alfaro ?

Kalo dari lokal sih Mario Wuysang karena mainnya sangat efektif dan punya IQ basket yang pinter banget. Kalo dari NBA sih Paul George karena mainnya efektif juga trus pinter manfaatin size tubuhnya.

Gimana nih kriteria pasangan Alfaro ?

Yang penting sih baik nomor 1 yah trus pinter juga jadi enak di ajak ngobrol, sabar dan intinya cerewet, seru jadi ga diem-diem doang gitu sih kak hahaha.

Keren banget yah cita-citanya dari Alfaro, kalo dari team M sendiri apa sih cita-citanya ? yuk komen di kolom komentar biar bisa sharing bareng.

Sumber: Motion Sport Indonesia

Foto: DBL, Motion Sport Indonesia