Penulis: Irfan (@irfangforce)

Jakarta, 25 Juni 2020. Pentingnya sosok pelatih yang memiliki skill dalam melatih untuk pembinaan di usia muda yaitu sebagai alat untuk mencetak pemain pemain tangguh, berkualitas, dan mempunyai mental yang tinggi. Di Indonesia salah satu pelatih yang memiliki semua hal di atas adalah Tondi Raja Syailendra yang sempat kami wawancarai beberapa waktu lalu Juru Taktik Tim Putra Esa Unggul

Terbukti pelatih yang akrab di sapa Bang Tondi tersebut sudah mencetak beberapa pemain hebat seperti Abraham Damar Grahita, Abraham Wenas, Freddy Bachtiar, dan Kevin Moses Poetiray yang merupakan mantan pemain dari tim basket Esa Unggul dan bermain di liga basket profesional Indonesia.

Bang Tondi adalah pelatih yang mempunyai pengetahuan luas, disiplin dalam melatih, dan bisa mengajarkan pemainnya untuk mempunyai IQ basket yang bagus sehingga bermanfaat dalam pertandingan menurut pemain-pemain yang pernah dilatih olehnya. Beliau adalah pelatih yang tidak pelit ilmu, terbukti Bang Tondi sering membagikan tips-tips melatih di sosial media seperti Instagram.

Menariknya adalah Bang Tondi menggemari kata-kata dari Ali Bin Abi Thalib RA yaitu berikanlah banyak meskipun menerima sedikit, yang juga di tulis dalam cover bukunya. Mungkin kata-kata tersebutlah yang membuat Bang Tondi gemar membagikan ilmu-ilmu kepelatihannya lewat sosial media walaupun tidak selengkap dan bervariasi di E-book beliau.

Basketball Coach Handbook menyiapkan pemain junior / muda menuju profesional merupakan handbook pertama dalam sejarah bola basket Indonesia yang di tulis oleh Tondi Raja Syailendra, Bang Tondi mengatakan di Instagramnya (@coach_journal) E-book ini khusus membahas bagaimana menjadi seorang pelatih, latihan apa yang di berikan kepada pemain dan bagaimana penekanannya dan membuat e-book ini berdasarkan pengalaman pribadi.

Harapan dan pesan dari Bang Tondi membuat buku ini bagi para pelatih adalah jangan jadikan pekerjaan pelatih sekedar mencari tambahan penghasilan, penghasilan utama bahkan untuk jadi terkenal. Jadikan status pelatih sebagai profesi yang mencetak, membantu dan mengantarkan pemain muda Indonesia menjadi pemain yang berkualitas.

Kalian bisa membeli e-book ini dengan menghubungi Bang Tondi di instagram (@coach_journal) dan pastinya dapat menambah pengetahuan untuk menjadi pelatih yang berkualitas dan semoga pelatih-pelatih hebat lainnya mengikuti jejak Bang Tondi yang senang membagikan ilmu-ilmu kepelatihannya.

Sumber: Tondi Raja Syailendra (@coach_journal), Motion Sport Indonesia

Foto: Basketball Coach Handbook, Google Foto