Penulis: Irfan (@irfangforce)

Jakarta, 29 Juni 2020. Bergulirnya kembali kompetisi NBA banyak menimbulkan pro dan kontra khususnya dari para pemain yang bertanding, tidak semua pemain setuju dengan keputusan NBA untuk melanjutkan kembali kompetisi tersebut karena beberapa hal seperti isu-isu rasisme yang sedang melanda Amerika Serikat dan juga penyebaran virus yang masih belum bisa di hentikan.

NBA akhirnya mengeluarkan keputusan bahwa tidak mengharuskan pemain untuk kembali ke Orlando melanjutkan musim, pemain dapat memilih di rumah atau tetap bermain dan keputusan tersebut tidak akan di hukum oleh liga ataupun tim dari masing-masing pemain. Keputusan NBA sudah benar, pemain tidak dapat dipaksa untuk bermain kembali di Orlando tetapi dengan konsekuensi pemain yang tidak ikut ke Orlando tidak akan menerima gaji oleh klubnya.

Melihat situasi tersebut NBA juga tidak akan melupakan isu-isu rasisme yang marak di Amerika Serikat, Maka NBA memperbolehkan pemain untuk mengganti nama punggung jersey nya dengan kata-kata khusus yang bertujuan untuk memerangi rasisme. Seperti kata-kata Black Lives Matter ataupun I cant breathe yang juga di lakukan oleh liga kasta tertinggi sepak bola di Inggris yaitu Premier League.

Ketua asosiasi pemain NBA yang juga merupakan point guard tim Oklahoma City Thunder mengatakan bahwa ini adalah bentuk dukungan bagi orang-orang yang berkulit hitam dimana terkadang masih sering dipandang sebelah mata, ide ini menyuarakan kesamaan hak setiap manusia. Chris Paul juga mengatakan bahwa meskipun mereka melanjutkan pertandingan di Orlando bukan berarti para pemain melupakan masalah-masalah sosial yang sedang terjadi akhir-akhir ini.

Dengan ide memodifikasi nama punggung NBA menegaskan bahwa para pemain tetap mendukung segala aksi melawan ketidakadilan sosial yang sedang beredar di Amerika Serikat bahkan dunia.

Harapannya adalah bahwa NBA bisa menjadi pemersatu setelah kejadian-kejadian saat demo menyuarakan keadilan sosial di Amerika Serikat, banyak orang yang akan menghabiskan waktunya di rumah bersama keluarga untuk menonton pertandingan NBA dan itu merupakan hal yang baik untuk menetralisir situasi chaos seperti penjarahan toko-toko oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Kira-kira selain tulisan Black Lives Matter dan I Cant Breathe tulisan apa yah yang cocok di jersey pemain, kalo Team M jadi pemain NBA bakalan memakai nama apa nih di nama punggung jersey kalian ?.

Sumber: Ligaolahraga.com, Motion Sport Indonesia

Foto: Google Foto