Penulis: Irfan (@irfangforce)

Jakarta, 29 Juni 2020. Reza Gunawan adalah salah satu talenta muda berbakat asal bogor yang membela tim profesional futsal asal Jakarta yaitu Cosmo FC. Pemain yang bernomor punggung 15 itu mencatatkan beberapa prestasi gemilang seperti membawa kota Bogor meraih medali perunggu futsal Pekan Olahraga Daerah 2018 selain itu juga berhasil membawa DKI Jakarta mendapatkan medali emas futsal Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2019. Kami berkesempatan mewawancarai pemain yang mendapatkan beasiswa untuk berkuliah Perbanas tersebut, berikut wawancara kami :

Halo Reza apa kabar ?

Alhamdulillah sehat dan baik banget nih, masih sering olahraga juga untuk jaga kondisi.

Gimana sih awalnya bisa suka olahraga futsal za?

Awalnya saya main sepak bola sejak kelas 2 SD sampai SMP abis itu saya kenal futsal karena di sekolah biasa main futsal juga jadi kebawa deh main futsal dari saat itu.

Siapa sih yang paling berjasa dalam kehidupan futsal seorang Reza Gunawan ?

Sebenernya sih banyak ya tapi yang lebih berjasa itu pelatih SMA saya namanya Pak Sentot dan legenda Indonesia Vennard Hutabarat. Karena mereka sudah memberikan kesempatan saya untuk terus berprestasi di bidang futsal dan mengajarkan futsal yang baik dan benar terutama ngasih motivasi biar saya semakin maju. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka semoga mereka selalu dalam keadaan sehat, amin.

Ceritain dong gimana awalnya bisa masuk Cosmo FC Za haha.

Awalnya bisa masuk Cosmo karena saya awalnya main di turnamen-turnamen antar kampus dan mungkin ada pelatih yang suka melihat permainan saya. Jadi waktu itu saya di suruh trial untuk masuk ke klub Cosmo selama 2 minggu kurang lebih, alhamdulillah rezeki saya bisa bergabung dengan tim besar seperti Cosmo. Bersyukur banget bisa main di liga profesional futsal dan bisa banyak belajar dari senior-senior untuk jadi pemain yang lebih baik lagi.

Apasih pengalaman yang paling menyakitkan selama bermain futsal ?

Pengalaman yang paling menyakitkan selama futsal sih mungkin hampir tidak ada. Tapi yang mungkin agak di sayangkan atau di sesalkan saat membela sekolah saya waktu SMA di Pocari Grand Champion, saya harus kehilangan nenek dan itu yang sangat menjanggal di hati karena saya deket banget dengan alm nenek.

Gimana sih caranya Reza sebagai pemain muda bisa bermain sangat pede dan tanpa beban ?

Kalo saya sih buat menghilangkan gerogi ataupun sejenisnya, saya melakukan kegiatan-kegiatan apa aja yang di inginkan sebelum main tapi hal yang positif ya hehe. Waktu di dalam lapangan saya fokus penuh ke pertandingan, kerja keras dalam bermain, bermain ngotot juga gak mau kalah intinya sisanya yang pasti beroda dan menikmati pertandingan sih.

Siapa sih pemain panutan Reza ?

Pemain panutan sih yang pasti senior-senior saya yah di klub maupun di kampus karena saya dapat pelajaran dan juga pengalaman dari mereka buat jadi pemain yang lebih baik lagi.

Selama bermain futsal siapa sih pemain yang paling sulit di jaga oleh Reza Gunawan ?

Kalo per orangan sih mungkin gak ada yah, mungkin bukan susah di jaga lebih tepatnya tim yang solit, kompak dan kerja keras selain itu juga sangat fokus dalam pertandingan khususnya membaca permainan dalam lapangan itu sih yang susah dan rata-rata tim di Pro Futsal League memang punya itu semua. Karena menurut saya yang paling susah di jaga itu ya jaga jarak ama dia hehe.

Terakhir nih, apasih cita-cita dan impian Reza dalam hidup ?

Cita-cita yang pasti membanggakan kedua orang tua selagi masih ada, bisa melihat anaknya sukses di dalam bidangnya dan satu yang paling saya inginkan adalah membela negera Indonesia tercinta ini yaitu masuk tim nasional (amin) karena orang tua dan keluarga saya pengen banget lihat saya untuk bisa membela tim nasional Indonesia. Tetapi balik lagi apapun itu kita sebagai manusia hanya bisa berencana dan berangan-angan tetap Allah yang menentukan segalanya.

Wah keren yah Team M, di umur yang masih relatif muda Reza Gunawan sudah dapat berlaga di liga profesional futsal dan punya cita-cita yang mulia. Nah Motion Sport Indonesia selain bisa membuat jersey-jersey kece buat tim basket kalian, kita juga bisa loh bikinin jersey keren buat tim futsal kalian hehe, kira-kira atlit mana lagi yah yang mau kita wawancara ? komen di bawah yuk Team M !

Sumber: Motion Sport Indonesia

Foto: Reza Gunawan