Penulis: Irfan (@irfangforce)

Jakarta, 14 Oktober 2020. Timnas Spanyol tersungkur di markas Ukrainaย dalam pertandingan UEFA Nations League. La Furia Roja takluk 0-1 di tangan anak-anak asuhan Andriy Shevchenko.

Duel Ukraina vs Spanyol pada laga keempat Liga A Grup 4 UEFA Nations League berlangsung di NSC Olimpiyskiy, Rabu (14/10/2020) dini hari WIB.

Spanyol tercatat melepaskan 10 tembakan dan 79 persen penguasaan bola selama 45 menit pertama, sementara Ukraina hanya sekali saja menendang bola. Namun, belum ada gol yang tercipta hingga waktu jeda.

Di babak kedua, Ukraina mampu mencetak gol di menit ke-76 melalui bola sepakan Viktor Tsigankov. Skor 1-0 untuk tim tuan rumah bertahan hingga laga tuntas.

Kekalahan kali ini tidak menggoyahkan posisi Spanyol di puncak Grup 4 dengan tujuh poin dari empat pertandingan. Ada pun Ukraina tetap di posisi ketiga dengan enam poin, atau sama dengan poin yang diraih Jerman yang berada di atasnya.

Di awal babak kedua, Ukraina mencoba melancarkan serangan. Belum ada percobaan tim tuan rumah yang mengancam gawang David De Gea.

Spanyol juga menggempur pertahanan Ukraina. Ferran Torres melepaskan bola tembakan di dekat gawang Ukraina pada menit ke-73, tapi Buschan dengan sigap menghalau percobaan tersebut.

Ukraina memecah kebuntuan di menit ke-75. Viktor Tsigankov mencatatkan namanya di papan skor.

Berawal dari serangan balik Ukraina, Andriy Yarmolenko mengirim umpan terobosan ke Tsigankov yang diselesaikannya menjadi gol. 1-0 tuan rumah memimpin.

Spanyol berusaha mengejar ketertinggalan dan mengepung lini belakang Ukraina di sisa waktu yang ada. Hingga pertandingan berakhir, Ukraina mampu mempertahankan skor 1-0 untuk kemenangan mereka.

Ukraina mencetak sejarah setelah mengalahkan Sergio Ramos dkk, ini merupakan kali pertama Ukraina menang atas Spanyol sepanjang sejarah sepakbola Ukraina.

Sumber: Motion Sport Indonesia, Bola.com

Foto: Google Foto