Penulis: Irfan (@irfangforce)

Jakarta, 15 Oktober 2020. Antoine Griezmann menampilkan performa gemilang saat membantu Timnas Prancis menang 2-1 atas Kroasia dalam lanjutan UEFA Nations League 2020-2021. Dalam pertandingan tersebut, Griezmann bahkan menyumbang satu gol.

Sebelum memasuki jeda internasional, Griezmann sebenarnya mendapat sedikit kritik dari pelatihnya di Barcelona, Ronald Koeman. Pelatih berpaspor Belanda itu menilai Griezmann tidak bisa memanfaatkan peluang dengan baik saat melawan Sevilla.

Pertandingan kontra Sevilla itu sendiri berakhir dengan skor imbang 1-1. Namun, menurut Koeman, Griezmann harusnya bisa mencetak gol karena mantan penggawa Atletico Madrid itu dianggap sebagai salah satu yang terbaik di tim.

โ€œKarena kualitasnya, dia harus mencetak salah satu dari dua (peluang) yang dia punya,โ€ ujar Koeman pada saat konferensi pers setelah pertandingan kontra Sevilla, sebagaimana dikutip dari Marca.

Berbeda dengan saat membela Barca, Griezmann justru menjadi bintang kala berkostum Timnas Prancis. Seolah-olah menyindir Koeman, Griezmann pun menerangkan bahwa di Timnas Prancis dirinya bermain di posisi yang membuat ia nyaman.

Menurut Griezmann, Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps, mengetahui cara untuk memaksimalkan potensinya. Maka dari itu, Griezmann bisa bermain dengan lebih baik dan memanfaatkan peluang yang ia peroleh dengan sempurna.

Mengenai posisi Griezmann sendiri, di Timnas Prancis ia biasa ditempatkan sebagai gelandang serang. Biasanya, Griezmann ditaruh tepat di belakang striker guna menopang penyerangan. Ia merasa di posisi itulah paling nyaman untuk bermain.

Sementara itu, di Barcelona, Griezmann justru ditempatkan sebagai winger. Dengan demikian, posisi bermainnya menjadi lebih melebar. Saat Barca masih ditangani Quique Setien, Griezmann sering ditempatkan sebagai winger kiri. Kini bersama Koeman, Griezmann bermain di posisi winger kanan.

Sumber: BolaOkezone

Foto: Google Foto