Penulis: Irfan (@irfangforce)

Jakarta, 30 April 2021. PP Perbasi mengatakan bahwa mereka berencana menaturalisasi satu pemain asing lagi untuk FIBA Asia Cup 2021 mendatang. Sayangnya, nama pemain asing yang dimaksud belum dipublikasi.

Timnas Indonesia saat ini memang sudah memiliki dua pemain naturalisasi yaitu Brandon Jawato dan Lester Prosper. Keduanya sudah tampil pada kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 window kedua lalu. Kendati sudah diperkuat oleh Jawato dan Prosper, tetapi manajemen belum puas. Mereka ingin menambah pemain naturalisasi sehingga bisa menutup kekurangan tim yang ada.

Menurut Nirmala Dewi selaku Sekjen Perbasi, saat ini proses naturalisasi berusaha dipercepat. Dua pemain muda asal Senegal yaitu Serigne Kane dan Dame Diagne akan menjalani proses tersebut dalam waktu dekat. Selain dua pemain itu, Nirmala juga memberi klu bahwa pihaknya sudah menyiapkan satu nama baru. Nama yang dimaksud merupakan bigman bertinggi lebih dari 204 cm dengan tipikal bermain di inside paint.

“Kami sedang melakukan proses naturalisasi. Untuk waktunya apakah cukup atau tidak kami sudah komunikasi dengan kementerian terkait. Kami memang butuh cepat dan sudah dibicarakan. Alhamdulillah sudah dapat dukungan langsung dari Menkumham, Yasonna Laoly,” ucap Nirmala.

“Memang sekarang kami masih memakai teman-teman yang ada karena rasanya belum bisa memakai pemain Senegal ini karena faktor usia. “Tapi yang naturalisasi pemain usia 23 tahun yang baru, kalau selesai sebelum FIBA Asia Cup 2021, mudah-mudahan dapat bermain dengan timnas,” pungkasnya.

Sumber: Ligaolahraga

Foto: Google Foto